Kumpulan Berita Unik dan Informatif

Apa Itu Sianida dan Manfaat Sianida?

Sangat mudah untuk mengasumsikan bahwa kata "sianida" selalu identik dengan racun yang mematikan. Dalam pandangan Kimia, sianida menggambarkan ikatan rangkap tiga antara atom karbon dan nitrogen.

Ilustrasi (sumber gambar: www.bintang.com)

Kombinasi karbon-nitrogen ini dapat dikombinasikan dengan logam atau unsur-unsur lain untuk membentuk sejumlah senyawa atau garam, seperti potasium sianida, sodium sianida atau hidrogen sianida. Hal ini juga ditemukan secara alami dalam gula, singkong, buah dan daun tembakau.

Garam sianida yang berbeda digunakan untuk memproses film menghapus emas dari bijih, dengan listrik atau logam bersih, dan membuat kertas atau plastik. Dalam bentuk gas, hidrogen sianida digunakan untuk fumigasi gudang dan area kargo kapal. Senyawa dapat disimpan dalam bentuk cair, bentuk padat atau gas. Terkenal “pil bunuh diri” yang digunakan oleh mata-mata yang sering berasal dari asam prussic, bentuk padat senyawa ini.

Mungkin penggunaan paling berbahaya yang terjadi selama Perang Dunia II. Dibebankan dengan tugas mengerikan membasmi kelompok besar tawanan Yahudi, direktur kamp Jerman memerintahkan tabung hidrogen sianida, dijual di bawah nama merek Zyklon B. Korban dikumpulkan ke ruang kedap udara, seolah-olah untuk mandi, dan gas akan dimasukkan melalui sistem ventilasi. Ada juga klaim bahwa mantan presiden Irak Saddam Hussein menggunakan gas ini untuk membunuh ribuan Kurdi selama pemberontakan di akhir 1980-an.

Karena sianida, terutama hidrogen sianida, diproduksi secara alami, sangat sulit bagi manusia untuk menghindari paparan sepenuhnya. Namun hal ini tidak dianggap karsinogenik (penyebab kanker), dan gas menguap dengan cepat dari air tanah. Paparan jangka panjang saat merokok, seperti dalam kebakaran hutan atau rokok, dianggap berbahaya, karena gas ini adalah produk sampingan alami dari produksi asap. Produk sianida cair seperti insektisida dan pembersih industri dapat menyebabkan ruam lokal dan lecet pada kulit yang terkena.

Gas hidrogen sianida menyebabkan kematian dan penyakit dengan mencegah penyerapan oksigen secara normal oleh sel-sel darah. Saat ion memblokir oksigen dalam darah, jantung dan otak mengalami kerusakan besar. Jika konsentrasi gas yang cukup berat, kematian akan terjadi dalam beberapa menit setelah paparan. Korban keracunan sianida dapat dirawat di rumah sakit jika memungkinkan harus diangkut dalam waktu yang cepat. Paparan tingkat atau rendah bisa menyebabkan pusing, denyut jantung cepat, kelemahan secara keseluruhan dan kesulitan bernapas. Evakuasi ke sumber udara segar biasanya merupakan respon yang pertama, diikuti oleh dekontaminasi dan perawatan oksigen.

Manfaat Sianida

Namun di samping mematikannya racun ini, ternyata sianida pun memiliki sederet kegunaan. Disadur dari Centers for Disease Control and Prevention, keberadaan racun ini justru dibutuhkan di bidang pertanian, fotografi dan industri logam. Bahkan 13% konsumsi sianida secara global dilakukan pengolah pertambangan untuk memulihkan emas, tembaga, seng dan perak.

Asam sianida pun banyak dipakai dalam penelitian laboratorium. Terutama sianida yang berbentuk larutan dengan kadar 2%. Hydrocyanida Acid banyak dipakai untuk berbagai reaksi proses kimia sintesis. Namun, perdagangan jenis ini paling banyak diperdagangkan untuk membunuh hama, kuman, tikus-tikus dalam ruangan, gudang dan juga kapal.

Bahkan bidang fotografi pun memerlukan sianida dalam bentuk garam. Dalam dunia penyepuhan dan pewarnaan logam pun, asam sianida digunakan untuk proses pembersihan, pengerasan dan penyepuhan logam untuk mendapatkan emas murni dari biji-biji logam.

(Sumber: klik dan klik)

Apa Itu Sianida dan Manfaat Sianida? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar